25. December 2010

Sucofocus Ltd : ‘Spesialisasi? Harus dong!’

Sucofocus Ltd merupakan salah satu perusahaan pembuat situs web yang berlokasi di UK dan menspesialisasikan diri membuat situs untuk dokter gigi (sekitar 90% klien mereka adalah dokter gigi). Seperti kita ketahui, semakin banyak bidang yang dikuasai oleh suatu perusahaan, maka akan semakin banyak pula keuntungan yang akan diraih perusahaan tersebut. Namun pernyataan tersebut tidak berlaku untuk Sucofocus Ltd. Ada beberapa alasan mengapa perusahaan ini menspesialisasikan kegiatan bisnisnya pada bidang ini, yaitu :

1. Very wide market (Pasar yang sangat luas)

Ada sekitar 60,0000 dokter gigi (baik pribadi maupun badan hukum) di UK dan dalam 6 tahun, mereka baru menyentuh kira-kira 8% dari pasar tersebut. Masih panjang dan luas sekali pasar yang bisa mereka kejar. Carilah pasar niche yang mempunyai pasar yang bisa membuat Anda bisa mempertahankan bisnis Anda selama bertahun-tahun kedepan.

2. We’re good at it! (Kami jagonya!)

Menghadapi klien yang mempunyai bidang yang sama secara terus menerus tentunya akan membuat kita semakin mudah untuk mengatasi masalah dan juga dalam memahami keinginan klien. Mereka kurang lebih akan meminta hal yang sama dan masalah yang dihadapi tentunya tidak akan jauh berbeda, ok mungkin tetap saja ada masalah aneh-aneh yang terjadi, tapi tidak perlu spesialisasi juga bisa saja mengalami keanehan!

3. Who you gonna call? (Dokter gigi? Telpon saja kami)

Ingat frase diatas? Itulah kata-kata yang digunakan oleh Ghostbuster ketika mengiklankan layanan mereka (di tv series mereka tentunya). Ketika hantu datang, Anda tahu harus menelpon siapa. Nah, efek yang sama akan terjadi ketika Anda menspesialisasikan diri.

Ketika Anda sudah mengusai suatu niche, orang yang membutuhkan niche tersebut akan langsung menghubungi Anda bila dibutuhkan. Praktis bukan?

Unsur KM dari cerita diatas adalah, kita tidak perlu terlalu berambisi untuk mencari knowledge sebanyak mungkin guna meningkatkan keunggulan kompetitif bagi perusahaan… Dunia ini luas, bahkan sangat luas untuk dipenuhi oleh knowledge baru yang mungkin selalu bermunculan setiap harinya… Semakin banyak knowledge yang dimiliki, maka akan semakin rumit pula managementnya bahkan ada kemungkinan juga kita menyimpan knowledge yang mungkin tidak kita butuhkan. Dengan spesialisasi kita mempersempit cakupan knowledge yang pasti kita butuhkan…

sumber : http://www.ruangfreelance.com/2009/04/04/spesialisasi-harus-dong/

Noch keine Kommentare!

Schreibe einen Kommentar

Folgende Tags sind erlaubt: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>