25. December 2010

Minggu 05 – Tugas Individu 4

Berikan penjelasan dan sertai dengan contoh atau alasan untuk mendukung pandangan anda tentang aspek-aspek berikut :

(perhatikan untuk menjelaskan dan bukan menterjemahkan sesuai dengan isi slide)

1. Jelaskan beda dari 3 knowledge goal yang ada (Stretegic, operational, normatif)

  • Normative : pembangunan budaya dalam suatu organisasi untuk terbiasa melakukan sharing dan memberikan apa yang dimiliki serta terbiasa untuk saling membantu sesama rekan kerja. Contoh : membangun budaya self learning diantara karyawan untuk menumbuhkan ide-ide baru dan menghasilkan inovasi bagi perusahaan.
  • Strategic : merumusankan sasaran, perbaikan, dan target perusahaan yang akan dicapai dalam pembangunan KM agar lebih strategis mengarah ke pasar dan persaingan. Contoh : menyediakan sarana untuk mendokumentasikan informasi dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh karyawan.
  • Operational : mengimplementasikan normative knowledge goaldan operational knowledge goal menjadi tujuan yang lebih konkrit. Contoh : memfasilitasi penyimpanan knowledge yang telah tersedia dengan dukungan teknologi agar dapat memberikan kemudahan pada karyawan dalam memanfaatkan knowledge tersebut

2. Jelaskan perbedaan antara knowledge identification dan knowledge acquisition

  • Knowledge Identification –> proses identifikasi secara lengkap mengenaiknowledge apa saja yang dimiliki organisasi dalam menentukan bentuk dan tatacara mengelola organisasi itu sendiri. Contoh : audit internal perusahaan.
  • Knowledge Acquisition –> proses identifikasi pengetahuan yang berada diluar lingkungan dan belum dimiliki organisasi, untuk kemudian dilakukan usaha agar pengetahuan tersebut dapat masuk atau dimiliki organisasi. Pengetahuan tersebut dapat berupa data, sistem, budaya, pakar, dan lain – lain yang bisa meningkatkan potensi dan daya saing organisasi baik dimasa kini maupun di masa mendatang. Contoh : melakukan akuisisi terhadap organisasi lain yang sarat dengan dengan pengetahuan yang dibutuhkan

3. Jelaskan beda dari 3 pendekatan dalam knowledge identification (Struktural, activities, behavioral)

  • Structural : pendekatan untuk mengidentifikasi knowledge dalam organisasi yang terbentuk atau dibentuk dari struktural organisasi, seperti tatanana, aturan, dan standar tertentu. Contoh : membentuk standar operasional dalam melakukan aktifitas-aktifitas tertentu.
  • Activities : pendekatan untuk mengidentifikasi knowledge yang berada dalam diri seseorang dalam melakukan setiap pekerjaan atau dalam menjalankan fungsinya. Contohnya : programmer membuat dokumentasi terhadap hasil implementasinya.
  • Behavioral : pendekatan untuk mengidentifikasi knowledge yang secara tidak sadar terbentuk dari pola kerja di dalam organisasi. Contoh : mengadakan pertemuan pagi setiap hari untuk mengetahui perkembangan dan masalah yang sedang dihadapi organisasi.

4. Jelaskan bagaiman cara menghasilkan fitur dengan melihat dari knowledge goal dan knowledge identification

  • Secara garis besar salah satu faktor yang harus didalami pada tahapknowledge identification adalah dengan melihat knowledge goal apa yang akan menjadi sasaran. Knowledge goal tersebut akan digunakan untuk menentukan sudut pandang dalam menampilkan informasi yang memang sesuai dengan penggunaannya. Dengan mengetahui informasi apa yang sesuai dengan penggunannya, maka akan diketahui pula fitur yang harus tersedia.

5. Apa itu knowledge map ? berikan contohnya ? Untuk tipe knowledge seperti apa (lihat pertanyaan nomor 3) yang cocok untuk knowledge map, berikan penjelasannya.

  • Knowledge Map : pemetaan keahlian dan kualitas dari karyawan yang dimiliki organisasi. Contoh : menempatkan karyawan pada posisi-posisi yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya atau yang sesuai dengan keahliannya. Menurut saya knowledge maps ini cocok untuk tipe knowledge activities. Hal ini dikarenakan knowledge activities ini didapatkan dari diri seseorang sesuai dengan fungsi atau keahliannya.

Noch keine Kommentare!

Schreibe einen Kommentar

Folgende Tags sind erlaubt: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>